H-6 Pemilu Serentak 34 TPS Masih Terdampak Banjir, KPU Pelalawan Siapkan Tempat Alternatif

Upika Pangkalan Kerinci meninjau lokasi TPS yang terdampak banjir

PELALAWAN - Memasuki H-6 pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Pemungutan suara akan digelar pada 14 Februari mendatang serentak seluruh Indonesia.

Sementara berdasarkan hasil pantauan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan ke lapangan, sebanyak 34 Tempat Pemungutan Suara (TPS) masih terdampak banjir sampai hari ini.Lokasi TPS yang masih terendam banjir ini tersebar di beberapa desa dan kelurahan.

"Sebanyak 34 TPS yang terdata kemarin sampai saat ini masih tetap terdampak banjir. Kita siapkan solusinya agar tidak mempengaruhi pelaksanaan Pemilu serentak," kata Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi kepada Riausindo.com Rabu (7/2/2024).

Wan Kardiwandi menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan TPS alternatif setelah mengkaji dampak banjir saat ini. Apabila debit air belum surut sampai 14 Februari mendatang, petugas pemungutan suara akan memindahkan lokasi dari titik TPS lama ke TPS alternatif.

Agar proses pencoblosan tetap berjalan semestinya meski masih banjir. Namun jika banjir telah surut, proses pemungutan suara tetap di titik TPS yang sudah ditetapkan jauh hari sebelumnya.

Terkait titik TPS alternatif ini, KPU Pelalawan telah menyampaikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 12 kecamatan dan diteruskan ke Petugas Pemungutan Suara (PPS) di 118 desa dan kelurahan.

Sehingga kondisi di lapangan bisa dipantau sampai 14 Februari mendatang. ***(JC)



[Ikuti Terus RiauSindo Melalui Sosial Media]