Ternyata Asal Usul Nama Desa Terantang Manuk, Berasal Dari Nama Pohon

Pertemuan Kades Terantang Manuk Dengan sejumlah Tokoh adat lintas desa

Pelalawan RS - Ternyata asal usul dari sebutan nama Desa Terantang Manuk, salah satu Desa Yang Berada di Kecamatan Pangkalan Kuras berasal dari Sebutan salah satu jenis pohon dalam bahasa Melayu petalangan di sebut " Tontang Manuk".

Hal ini terungkap pada pertemuan sejumlah Tokoh Masyarakat dan pemuka adat yang berasal dari beberapa desa yaitu, Tokoh Masyarakat Desa Batang Kulim, Talau dan Desa Dundangan bertempat di Kantor Kepala Desa Terantang Manuk Senin (16/9/19).

Pertemuan yang di pimpin lansung oleh, kades Terantang Manuk Bakri, juga di hadiri Sekdes Suardi serta seluruh Perangkat desa tersebut berlansung menarik sebab kehadiran sejumlah tokoh lintas desa itu mengkaji asal usul nama deaa terantang Manuk dan juga cerita budaya nya.

Sekdes Terantang Manuk, Suardi dalam pidatonya di hadapan sejumlah tokoh tersebut menyampaikan, mungkin banyak masyarakat yang tidak tahu sebutan asal usul nama desa Terantang Manuk itu berasal Dari sebutan Salah satu nama pohon kayu 

" Ya nama batang kayu dalam bahasa melayu kita Tontang Manuk, mungkin kalau dalam bahasa ilmiah pendidikan alam di sebut  Terantang, nama sejenis pohon dari Marga Campnosperma ( bahasa latin), " Ujar sekdes.

Sementara Kades Bakri menyampaikan , selain dengan kegiatan pertemuan ini dalam bentuk silaturrahmi antara tokoh desa, kegiatan ini juga akan menjadi dasar akan di laksanakannya acara Ulang tahun Desa terantang Manuk Yang bediri pada tahun 1896 .

" Ini pertemuan perdana, kita sangat mengapresiasi kehadiran tokoh tokoh desa lain di terantang manuk ini, dalam musyawarah menggali potensi sejarah Nama Desa Terantang Manuk,  tentunya ita berharap akan ada pertemuan selanjutnya " ujar Kades.

Penyebutan nama Asal Usul Desa Terantang Manuk Itu berasal dari sebutan Nama Pohon, juga di pertegas dan di kuatkan lagi oleh salah seorang Tokoh Masyarakt Talau M Isa, yang menyebut nama Desa Terantang Manuk Berasal Dari nama Pohon Tontang Manuk. ( Syarii)



[Ikuti Terus RiauSindo Melalui Sosial Media]