Penghapusan Jurusan IPA dan IPS di SMA Riau Segera Diterapkan

PLT Kadisdik Provinsi Riau

Riausindo-EKANBARU - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghapus jurusan IPA dan IPS di jenjang pendidikan SMA mulai tahun ajaran 2024/2025. Kebijakan ini merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan secara bertahap sejak tahun 2021.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Roni Rakhmat, menyatakan pihaknya siap mengimplementasikan kebijakan tersebut di seluruh SMA di Provinsi Riau. "Penghapusan jurusan IPA dan IPS di SMA itu sesuai dengan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek. Jadi mulai tahun ajaran ini kebijakan itu juga berlaku di seluruh SMA di Provinsi Riau," ujar Roni pada Jumat (19/7/2024).

Roni menjelaskan, penghapusan jurusan ini merupakan implementasi penuh dari Kurikulum Merdeka, di mana siswa akan memiliki lebih banyak pilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. "Kalau sebelumnya siswa diberi kebebasan untuk menentukan salah satu dari dua jurusan (IPA dan IPS), dalam Kurikulum Merdeka ada lebih banyak pilihan jurusan yang disuguhkan kepada siswa, sesuai dengan minat dan bakat siswa," terangnya.

Meskipun kebijakan ini masih baru, Roni mengakui bahwa pelaksanaannya mungkin belum optimal. Namun, ia menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi agar Kurikulum Merdeka dapat berjalan dengan baik. "Kami akan terus melakukan pengawasan dan mengevaluasi, agar Kurikulum Merdeka ini bisa berjalan dengan baik," tutupnya.***

Sumber Cakaplah com



[Ikuti Terus RiauSindo Melalui Sosial Media]