Pj Gubernur Riau Tunda Studi Tour Sekolah Demi Keselamatan Siswa

Riausindo- PEKANBARU - Menyusul banjir bandang yang melanda Sumatera Barat, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto mengimbau sekolah-sekolah di Provinsi Riau untuk menangguhkan sementara kegiatan studi tour. Langkah ini diambil demi keamanan dan keselamatan siswa, guru, dan pihak terkait lainnya.

 

"Untuk studi tour itu sah-sah saja. Tapi melihat kejadian dan kondisi di Sumbar yang sedang bencana, kita mengimbau supaya kegiatan ini ditunda dulu," ujar Pj Gubri.

 

Pj Gubri menekankan pentingnya kewaspadaan mengingat kondisi cuaca ekstrem dan potensi bencana yang dapat membahayakan keselamatan siswa dan guru. Terlebih lagi, banjir bandang di Sumbar telah menyebabkan kerusakan parah pada beberapa ruas jalan nasional, memutus akses perjalanan.

 

"Apalagi Ditlantas Polda Riau telah mengimbau untuk tidak mengunjungi Sumbar karena risiko yang ada. Kondisi di Kelok Sembilan juga sedang longsor total, jadi tidak bisa dilalui untuk sementara waktu ini. Kasihan juga anak-anak kita nantinya," tambahnya.

 

Hariyanto juga merujuk pada kejadian kecelakaan bus pariwisata di Subang, Jawa Barat, yang mengangkut rombongan pelajar dari SMK Lingga Kencana Kota Depok. Insiden ini disebabkan oleh kondisi bus yang tidak laik jalan.

 

"Artinya, salah satu faktornya adalah bus yang tidak laik jalan. Tanpa sengaja kita menyewa bus tetapi tidak mengecek kesiapannya, karena memang bukan ahlinya. Mempersiapkan kondisi kendaraan adalah hal dasar yang harus dipenuhi," jelasnya.

 

Selain itu, Pj Gubri juga menekankan agar kegiatan studi tour yang memberatkan orang tua siswa tidak dipaksakan.*** ( zik)



[Ikuti Terus RiauSindo Melalui Sosial Media]