Ketika Parah Ayah Harus Menjadi Imam Sholat Tarwih, Akibat Covid -19

Febri Sugiono Seorang Ayah juga Jurnalis

Riausindo- Ibadah Ramadhan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) menjadi sangat istimewa, bahkan menghadirkan cerita terseniri,  lantaran sholat Tarawih di beberapa daerah di sarankan  agar tidak berjamaah di masjid atau mushola.

Peran para muslim laki-laki pastinya menjadi tumpuan terlaksananya ibadah di tengah keluarga. Pengalaman mengimami sholat Tarawih di rumah menjadi sesuatu yang unik di setiap keluarga.

Seperti yang diceritakan oleh Febri Sugiono (40). Warga Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan  yang kesehariannya seorang Jurnalis di Kabupaten Pelalawan, perasaannya campur aduk saat melewati ramadhan di tengah pandemi Covid-19.

"Sedih nggak bisa sholat Tarawih di masjid, padahal salah satu kenimatan Ramadhan adalah bisa tarwih berjamaah dengan semua muslim lainnya, tapi seru bisa sholat di rumah bareng istri dan anak-anak," ujarnya kepada Riausindo.com Sabtu (25/4/2020)

Diakui ayah dua  anak ini memilih sholat Tarawih 8 rakaat dengan 3 rakaat witir, mengingat memberikan edukasi ibadah kepada anaknya, walau anaknya awal kelihatan enggan dan bermalasan.

" Saya tidak memaksa anak anak mau mengikuti sholat dan ibadah malam itu awal hingga akhir, namun yang jelas saya memberikan pengalaman kepada mereka betapa nikmatnya beribadah dalam bulan ramadhan" Ujarnya.

Untuk mensiasati anak anaknya mau ikut sholat tarawih, di akui Febri terlebih dahulu memebaca surat Pendek dalam Alquran yang dirinya hafal juga anak anaknya.

" Ini biar mereka tidak bosan, dengan surah pendek seperti At Takatsur, Al Ashr, Al Humazah, dan Al Fiil dan al ikhlas, surat pendek favorit mereka" Ujarnya.

Sementara Zaki ( 12) Putra Febri S, mengakui sangat senang menjalani ibadah sholat tarwih tahun ini saat pandemi covid-19. Karena selama ini ayahnya sibuk ke sana sini bekerja apalagi dengan profesi sebagai seorang Jurnalis.

" Senang dan bangga, sebab bisa beribadah bersama keluarga dan juga ayah menjadi sebagai seorang Imam" Singkatnya.

Hikmah sholat Tarawih di rumah, menurut pria berprofesi jurnalis ini, menjadi kian dekat dengan keluarga. Istri dan anak kesayangannya  menjadi terbiasa sholat berjamaah. Ia pun membaca 10 surat pendek secara berurutan, mulai dari At Takatsur, Al Ashr, Al Humazah, Al Fiil, Quraisy, Al Maun, Al Kautsar, Al Kafirun, An-Nashr, dan Al Lahab.  ( Jcr)

 



[Ikuti Terus RiauSindo Melalui Sosial Media]