Mengangkat Cerita Ombak Bono, Bunda PAUD Pelalawan Rilis Buku Dongeng Pertama

Jumat, 12 Juli 2024 - 16:57:21 WIB

Riausindo- Pelalawan - Bunda PAUD Pelalawan yang juga Bunda Literasi Kabupaten Pelalawan, Sella Pitaloka, SAP, meluncurkan buku bertajuk "Al Fatih dan Ombak Bono" di Gedung Daerah Laksemana Mangkudiraja pada Jumat (12/7/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan H. Zukri memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas peluncuran buku ini. 

"Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bunda PAUD Kabupaten Pelalawan Sella Pitaloka yang berhasil meluncurkan buku pada hari ini. Semoga peluncuran buku ini membawa manfaat bagi banyak orang dan bisa menambah literasi bagi masyarakat dan anak-anak Pelalawan serta anak-anak Indonesia," ujarnya.

Bupati Zukri menambahkan, "Ini adalah sebuah prestasi dan terobosan inspiratif bagi kita semua. Saya berharap kita semua bisa mencontohnya, sehingga kita juga dapat melahirkan karya tulis yang mengedukasi anak-anak dan generasi penerus bangsa tentang cerita-cerita dan sejarah, seperti sejarah Pelalawan. Saya juga mendorong kepala sekolah dan guru-guru untuk ikut menulis buku guna menambah literasi bagi anak bangsa."

Selain itu, Bupati Zukri menekankan pentingnya membaca sebagai perintah Allah yang membawa pahala bagi penulisnya.

 "Karya tulis seperti buku yang terus dibaca oleh banyak orang akan mengalirkan pahala tanpa henti. Jika kita ingin generasi penerus bangsa menjadi berkualitas dan maju, maka anak-anak harus dibiasakan untuk banyak membaca sejak dini, sehingga mereka tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas, inspiratif, dan bertalenta. Saya juga berharap lebih banyak buku yang ditulis dengan mengangkat kisah-kisah, sejarah, dan legenda Pelalawan, agar generasi saat ini mengenal sejarah dan menjadikannya teladan dalam menjalankan kehidupan," tutupnya.

Sella Pitaloka, SAP, mengungkapkan alasan memilih cerita Ombak Bono dalam buku pertamanya. "Saya sangat terharu karena buku 'Al-Fatih dan Ombak Bono' bisa kita luncurkan hari ini. Ini adalah pengalaman pertama saya dalam membuat buku dongeng, dan saya berharap ini bisa membawa pengetahuan serta bermanfaat bagi banyak orang, terutama anak-anak. Saya memilih cerita Ombak Bono karena ingin masyarakat Pelalawan maupun Indonesia mengetahui bahwa di Kabupaten Pelalawan terdapat wisata yang hanya ada dua di dunia, salah satunya ada di sini. Dalam buku ini juga diceritakan apa itu Ombak Bono dan bagaimana terjadinya," jelas Sella.

Acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan H. Abdul Karim, SH., M.Si, Kepala Cabang PT. Erlangga Pekanbaru Benny Fredi, kepala OPD di lingkungan Pemda Pelalawan, camat, kepala sekolah dan guru, pendongeng Kak Agus, serta para undangan.*** ( EL)