Upaya Pencegahan Karhutla, Polsek Ukui Selalu di Garis Terdepan di Wilayah Hukumnya

Kamis, 22 September 2022 - 14:35:14 WIB

PELALAWAN- ( RS) Polres Pelalawan beserta jajaran terus proaktif melakukan upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Semua personil Polsek bergerak melakukan upaya pre-emtif maupun pre-ventiv.

“Upaya mencegah Karhutla masuk dalam giat rutin kita melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat agar memahami larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan,” ujar Kapolsek Ukui Iptu Tatit Rizkyan Hanafi, S.T.K.,S.I.K, Kamis (22/9/2022).

Kapolsek mengatakan, giat pre-emtif tidak hanya sosialisasi melalui spanduk, imbauan di tempat maupun lokasi yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Namun kita juga lakukan giat preentive dengan turun langsung mengambil tindakan berupa pencegahan bila terjadinya kebakaran yakni dengan bekerjasama dengan masyarakat melakukan pemadaman secara bersama-sama.

Sejauh ini kepolisian sektor ukui terus aktif melakukan giat Pre-emtif dengan lebih menekankan melakukan sosialisasi pemahanan hukum secara rutin terkait karhutla kepada masyarakat, dan melakukan giat Pre-ventif melakukan pencegahan langsung kelapangan dengan melakukan pemadaman saat terjadinya kebakaran dibantu oleh masyarakat dan instansi terkait.

Menurut Kapolsek, pencegahan Karhutla memerlukan dukungan masyarakat untuk bergandeng tangan bersama aparat terkait. Dengan demikian, secara khusus wilayah kecamatan ukui dapat terhindar dari Karhutla yang dilakukan oleh tangan manusia. Meskipun ada kemungkinan juga Karhutla terjadi karena dipicu kondisi suhu panas yang ekstrim.

“Polri bersama masyarakat harus bersinergi agar dapat meminimalisir bahkan menihilkan terjadinya Karhutla,” tuturnya

sampai dengan saat ini jumlah hotspot (titik panas) di kecamatan ukui belum terpantau malalui patroli darat maupun udara (nihil) tentunya situasi ini harus dijaga mengingat cuaca ekstrim yang terjadi hari ini sangat rawan terjadinya kebakaran. tutup kapolsek.