Kades Dusun Tua Pertanyakan Legalitas Operasional PKS PT IIS

Kamis, 17 Juni 2021 - 00:48:50 WIB

PELALAWAN- Warga desa dusun Tua Kecamatan Bandar Petalangan kabupaten Pelalawan menggelar musyawarah dengan pihak manajemen PT Inti Indo Sawit Subur ( IIS). Terkait mulai beroperasinya PKS di wilayah mereka, musyawarah bertempat di Kantor Kepala Desa Dusun tua ini di laksanakan  Rabu ( 16/6/21).

Beberapa persoalan yang mencuat dalam musyawarah tersebut antara lain, persoalan SOP Perusahaan, Legalitas Pabrik serta CSR Perusahaan. Musyawarah tersebut lebih membahas tentang  apa kontribusi perusahaan terhadap masyarakat tempatan dan juga persoalan lingkungan.

Hal ini di ungkapkan oleh Pranajaya, koordinator  Aliansi Pemuda dan Masyarakat Dusun Tua dalam pertemuan tersebut.

"Kita  masyarakat desa Dusun Tua meminta dalam,  3 hal  Pertama CSR, Legalitas Perusahaan dan SOP Perusahaan" ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir kepala desa Dusun Tua Marwan, mennyikapi hal tersebut banyak hal yang krusial yang mesti di dudukkan antara pihak perusahan dan masyarakat sekitarnya.

"Misalnya masalah  jalan masuk arah perusahaan, mengakibatkan banjir di kirikanan jalan akibat  tingginya badan jalan namun tidak memiliki parit pembuangan air, sehingga mengakibatkan banjir," ujar kades.

Selain itu kades juga mempertanyakan dugaan limbah PKS di alirkan ke sungai apakah sudah memenuhi standar baku mutu pembuangan limbah.

" saya dari awal sudah mengatakan, siapapun investor  silahkan masuk ke Desa Dusun Tua, tapi dengan syarat bekerjasama dengan baik dengan pemerintah, masyarakat serta menjaga lingkungan, kita juga berharap  pihak perusahaan  betul-betul mengkaji ulang SOP nya ," tegasnya.

 Sementara itu, Humas PT. IIS dalam pertemuan itu  mengatakan dirinya baru saja bertugas di sana sehingga
belum tau apapun, namun sepanjang permintaan warga dirinya akan melakukan koordinasi dengan pihak manajemen.*** ( Nto)