FERARI Kampar Beri Pelayanan Hukum Gratis Bagi Warga Yang Tidak Mampu

Riausindo-KAMPAR- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) kabupaten Kampar, menandatangani kerjasama dengan Rusdinur Center dalam pemberian bantuan pelayanan hukum perkara pidana bagi masyarakat tidak mampu yang berdomisili di Kabupaten Kampar. 

Pemberian Pelayanan Gratis untuk masyarakat ini dimulai di tanda tanganinya MoU  antara Rusdinur dengan Ketua DPC FERARI Kabupaten Kampar Busrianto SH pada senin (31/8/2020).

Ketua DPC FERARI Busrianto SH mengatakan, kerjasama yang dijalin antara FERARI Kampar dengan Rusdinur center dilatar belakangi oleh kurangnya perlindungan hukum  masyarakat menengah kebawah, yang selama ini belum bisa menggunakan bantuan hukum karna faktor ekonomi.

"Kami melakukan MoU dengan Rusdinur Center dalam rangka memberi bantuan hukum gratis di Kabupaten Kampar,karena banyak masyarakat Kabupaten Kampar ini yang belum bisa menggunakan bantuan hukum karna keterbatasan biaya,"ujarnya kepada wartawan.

Layanan yang diberikan FERARI Kampar ini dilandasi Undang-Undang No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang berhak mendapatkan Bantuan Hukum hingga masalah hukumnya selesai dan atau perkaranya telah mempunyai kekuatan hukum tetap. 

"Bantuan yang akan kita layani untuk masyarakat yang tidak mampu untuk membayar jasa advokat,baik itu pendampingan di Polres kejaksaan dan pengadilan,"paparnya.

Busrianto juga menjelaskan,adapun Syarat dan tata cara pemberian bantuan hukum yang akan dilakukan oleh Rusdinur Center bersama FERARI Kampar, yakni dengan mengajukan permohonan secara tertulis yang berisi sekurang-kurangnya identitas pemohon dan uraian singkat mengenai pokok persoalan yang dimohonkan Bantuan Hukum.

"melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Instansi Pemerintah yang berwenang misalnya dari pihak Desa atau Kelurahan,atau dari Kecamatan dan syarat yang paling utama harus berdomisili di Kabupaten Kampar,"tuturnya.*** ( Rilis)



[Ikuti Terus RiauSindo Melalui Sosial Media]