Dampak Covid-19, Arab Saudi Minta Umat Islam Tunda Persiapan Ibadah Haji Tahun Ini

PEMERINTAH Arab Saudi pada Selasa (31/3/2020) meminta umat Islam di seluruh dunia untuk menunda sementara rencana mereka melakukan ibadah haji tahun ini. Permintaan tersebut disampaikan terkait dengan pandemi virus corona atau Covid-19.

Hingga saat ini, pandemi virus corona di Arab Saudi memang menimbulkan pertanyaan baru apakah ibadah haji tahun ini dapat dilaksanakan atau tidak. Dilansir AFP, Menteri Urusan Haji Arab Saudi, Mohammad Benten mengatakan masih belum pasti apakah ibadah haji tahun ini dapat berjalan sesuai jadwal, yaitu pada akhir Juli.

"Arab Saudi sebenarnya siap melayani jamaah haji dan umrah," ujar Benten, Selasa (31/3/2020).

Hanya saja, ujar dia, dalam keadaan saat ini, yang paling penting adalah memastikan kesehatan dan keselamatan warga negara, khususnya umat Islam di seluruh dunia.

"Tetapi dalam keadaan saat ini, ketika kita berbicara tentang virus corona, Kerajaan merasa terpanggil untuk melindungi kesehatan umat Islam dan oleh karena itu kami telah meminta umat Muslim di semua negara untuk menunda rencana menunaikan ibadah haji sampai situasinya jelas," lanjut Mohammad Benten kepada stasiun TV Al-Ekhbariya yang dikelola pemerintah.

Pemerintah Arab Saudi belum mengumumkan apakah dengan permintaan tersebut mereka akan melanjutkan penyelenggaraan kegiatan ibadah haji tahun ini yang dijadwalkan akan dilaksanakan akhir Juli mendatang atau tidak. Pasalnya, penyelenggaraan ibadah haji memang memberikan pendapatan besar bagi kerajaan Arab Saudi.

Seperti diketahui, pada pelaksanaan ibadah haji biasanya jutaan umat Islam dari seluruh dunia hadir di Arab Saudi. Pada tahun lalu saja, ibadah tersebut berhasil menarik 2,5 juta Muslim ke Arab. Kedatangan 2,5 juta orang Muslim tersebut telah memberikan pendapatan besar bagi Saudi.

Sebelumnya, Arab Saudi telah menghentikan penerbitan visa umrah yang jelas berdampak pada ditangguhkannya ibadah umrah. Masih terkait dengan pencegahan penyebaran virus corona, Arab Saudi pada awal bulan ini juga menghentikan ibadah salat di masjid-masjid. Warga diminta untuk beribadah dari rumah.

Wabah virus corona memang terus menyebar luas belakangan ini. Arab Saudi juga menjadi salah satu negara yang terdampak pandemi corona. Kementerian Kesehatan Saudi melaporkan 1.563 orang terinfeksi dan 10 orang tewas akibat corona.

Secara global, virus itu sudah menginfeksi 846.061 orang. Akibat infeksi tersebut, 41.494 orang di antaranya meninggal dunia.

 

 

Sumber : APF



[Ikuti Terus RiauSindo Melalui Sosial Media]